Keren! Tim SDN Sukabumi 2 Juara I Lomba Melukis Tampah Beregu Tingkat Kota Probolinggo Tahun 2024


Ditulis Oleh : Akh. Baktiyar Zamzami


Probolinggo Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo bekerjasama dengan komunitas satwa menggelar Festival ‘Seminggu di TWSL’, Minggu (16/6) siang. Digelarnya festival ini sebagai pemicu dalam mengembangkan wisata di Kota Probolinggo.

Mungkin gambar 14 orang dan teks

Seminggu di TWSL yang diselenggarakan dari tanggal 11-16 Juni 2024, menampilkan berbagai event dan festival. Mulai dari lomba mewarnai tingkat TK/RA/sederajat, lomba melukis tampah beregu tingkat SD/MI/sederajat, lomba musik akustik tingkat SMP/MTs/sederajat, hingga festival ikan hias.

DLH juga bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, dengan menaman pohon dan memberikan bantuan seratus bibit pohon kepada masyarakat.

Pada kesempatan itu, Pj. Wali Kota Nurkholis mengatakan ada beberapa kemajuan yang sudah dicapai TWSL Kota Probolinggo selama ini. Ia berjanji spot-spot flora dan fauna yang ada di TWSL tersebut nantinya akan dikembangkan dan dikelola secara berkelanjutan.

“Ke depan, semua pohon yang ada di Kota Probolinggo termasuk di TWSL akan dipasang chip. Sudah didata ada 36 macam jenis pohon, sehingga kalau ada aktivitas pemotongan bisa diketahui,” jelas Nurkholis.

Mungkin gambar 5 orang dan teks

Menariknya, Nurkholis juga akan memfasilitasi pengadaan alat penetas telur Elang Jawa koleksi TWSL dan menambahkan beberapa koleksi unggas seperti ayam hias.

Mungkin gambar 9 orang, pohon dan teks

“Elang Jawa itu sudah beberapa kali bertelur, tapi tidak bisa menetas, karena mungkin dipengaruhi oleh kebisingan. Padahal, Elang Jawa adalah spesies langka, dimana sekarang hanya ada 2 tempat di Indonesia Elang Jawa ini bertelur, yaitu di TWSL dan Gunung Salak. Nanti saya akan belikan alat penetas, sehingga semua telur itu bisa menetas,” janjinya.

Mungkin gambar 3 orang dan teks

Ditemui secara terpisah, Kepala DLH Kota Probolinggo, Retno Wandansari mengungkapkan alasan digelarnya kegiatan Seminggu di TWSL. Selain untuk memeriahkan event festival pariwisata juga untuk mengedukasi masyarakat agar mencintai lingkungan.

Mungkin gambar 5 orang, burung rangkong, burung beo dan teks

“Kegiatan ini diadakan guna mengedukasi masyarakat bagaimana kita mencintai lingkungan dan juga keanekaragaman hayati. Karena itu, harus ada peran dari masyarakat supaya keanekaragaman hayati ini tidak punah. Di sini ada 30 jenis pohon dan ada sekitar 80 jenis satwa,” jelas Retno.

Mungkin gambar 4 orang dan teks

Retno juga menambahkan, dampak festival ini dari sisi pertumbuhan ekonominya. Menurutnya, banyak pengunjung TWSL yang antusias mengikuti event yang diselenggarakan selama seminggu ini bagi peningkatan ekonomi daerah.

“Selama kegiatan Seminggu di TWSL 2024 yang dimulai dari tanggal 11 sampai dengan 15 Juni 2024, terdapat peningkatan jumlah pengunjung hingga mencapai 830 orang, terdiri dari 402 dewasa dan 428 anak-anak,” jelasnya.

Mungkin gambar 18 orang, orang belajar dan teks

Di akhir acara, festival juga dimeriahkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba. pemenang lomba melukis tampah dimenangkan oleh SDN Sukabumi 2. Kemudian juara kedua dimenangkan oleh SDN Mengunharjo 12. Dan juara ketiga dimenangkan oleh SDN Kademangan 4.

Mungkin gambar 14 orang dan teks

Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo Riana, S.Pd., M.Pd, mengatakan keberhasilan tim Melukis Tampah Beregu yang terdiri dari Abyan Ihsan Al Kamal (Kelas IV C) dan Diandra Khanza Annanta (Kelas IV C) tidak terlepas dari konstribusi dan keseriusan dari semua pihak, karena tanpa adanya keseriusan konstribusi juga tidak akan ada apa-apa.

Mungkin gambar teks yang menyatakan '-Seminggu di TWSL- Dalam Rangka Memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Juni 2024 s/d 16 Juni 2024 Lomba Tingkat TK/RA/Sederajat Waktu Pelaksanaan Juni 2024 *Maksimal GRATIS (dua) siswa pada masing masing sekolah Lomba Melukis Tampah Beregu Tingkat SD/MI/Sederajat Waktu Pelaksanaan 15 Juni 2024 Kuota Terbatas!! Batas Pendaftaran Sampai *Melukis beregu **Peralatan Tanggal Juni 2024 dan Ketentuan Berlaku kelompok (dua) siswa disediakan oleh sekolah termasuk Tampah Lomba Musik Akustik Tingkat SMP/MTs/Sederajat Waktu Pelaksanaan 16 Juni 2024 Link https://ungu.in/semingguditwsl2024 (satu) kelompok berisi maksimal Membawa sendiri (lima) orang team Atau QR Code DAFTARKAN DIRI SEKARANG JUGA @twslprobolinggo Probolinggo'

“Alhamdulillah kita berhasil meraih juara satu lomba melukis tampah beregu pada dalam rangka memperingati Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang termasuk rangkaian kegiatan Seminggu di Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), 11 – 16 Juni 2024, ini tidak lain karena keseriusan dari semua pihak, tanpa adanya komitmen yang serius mungkin juara juga tidak kita dapatkan,” ujarnya.

Mungkin gambar 16 orang, mimbar dan teks

Raihan juara satu tersebut sebagai bentuk motivasi kepada peserta didik lainnya agar lebih kreatif dan inovatif untuk terus berkarya (abz).

 

#semingguditwslkotaprobolinggo #harikeanekaragamanhayatisedunia #harilingkunganhidupsedunia #dinaslingkunganhidup #pemerintahkotaprobolinggo #2024 #sdnsukabumi2 #sekolahpenggerak #sekolahjuara #jujurunggulagamisrajinamanah