Ratusan Anak Ikuti Gosok Gigi Massal di SDN Sukabumi 2 Kota Probolinggo


Ditulis Oleh :


Probolinggo Ratusan siswa dan siswi SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo mengikuti kegiatan sikat gigi massal dalam rangka memperingati World Oral Health Day (WOHD) 2024 yang digelar oleh Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Probolinggo, Sabtu (15/6/2024).

Mungkin gambar teks

Kegiatan ini diawali dengan sosialisasi dan praktek sikat gigi yang benar. Selanjutnya guru-guru diberikan training sehingga nantinya bisa memberikan pengarahan kepada muridnya. Selain itu, siswa dan siswi diberikan kalender supaya bisa melaksanakan sikat gigi yang benar pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur selama 21 hari.

Mungkin gambar 5 orang dan teks

Sikat gigi massal ini disambut antusias oleh siswa dan siswi SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo. Terlebih mereka mendapatkan pasta gigi secara gratis. Selanjutnya mereka melakukan sikat gigi massal secara berkelompok dengan didampingi oleh guru kelas dan dokter gigi.

Mungkin gambar 2 orang

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Sekda Kota Probolinggo drg. Ninik Ira Wibawati, M. QIH, juga puluhan orang anggota PDGI Cabang Probolinggo, perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Probolinggo, dan Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo Riana bersama sejumlah guru.

Mungkin gambar satu orang atau lebih, kuil dan teks

Kepala SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo Riana menyambut baik kegiatan sikat gigi massal yang digelar oleh PDGI Cabang Probolinggo dalam rangka memperingati World Oral Health Day (WOHD) 2024. Karena secara otomatis, sekolah bisa mendapatkan ilmu tentang cara sikat gigi yang benar dan manfaatnya dengan rutin sikat gigi. Harapannya nanti mempunyai gigi yang bersih, sehat dan kuat.

Mungkin gambar 4 orang

“Kami dari lembaga menyampaikan terima kasih karena mendapatkan kepercayaan kegiatan sikat gigi massal dan menjadi bagian dari peringatan World Oral Health Day (WOHD) 2024. Tujuannya untuk membiasakan anak-anak untuk sikat gigi setiap hari bersama keluarga,” katanya.

Mungkin gambar 9 orang dan teks

Menurut SD Negeri Sukabumi 2 Kota Probolinggo, kegiatan sikat gigi massal ini merupakan salah satu pendidikan karakter anak berupa pembiasaan hidup sehat dan bersih, terutama pada gigi dan mulut. Kebetulan selama ini di sekolah sudah rutin ada kegiatan pembiasaan sikat gigi pada siswa dan siswi baik dari UKS maupun pelajaran dari olahraga.

Mungkin gambar 6 orang dan orang belajar

“Harapan kami dari kegiatan ini ada tindak lanjut dari dokter gigi puskesmas dengan memprogramkan melakukan kunjungan ke sekolah untuk memeriksa gigi anak secara berkala. Jika ada anak yang mempunyai gigi yang bermasalah bisa cepat tertangani,” harapnya.

Mungkin gambar 12 orang, orang belajar dan teks

Sementara Ketua PDGI Cabang Probolinggo drg.Luluk Muyassaroh, M.Kes menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memperingati World Oral Health Day (WOHD) 2024  dengan tujuan mencapai Indonesia bebas karies pada tahun 2030 dan menggiatkan kembali Usaha Kesehatan Gigi Sekolah (UKGS).

Mungkin gambar 13 orang, orang belajar dan teks

“Harapannya mampu menciptakan perubahan perilaku pada siswa dan siswi untuk hidup bersih dan sehat dengan rajin sikat gigi yang benar di pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur,” katanya. (abz).

 

# WorldOralHealthDay2024 #harikesehatangigidanmulutsedunia #sdnsukabumi2 #sekolahpenggerak #sekolahjuara #jujurunggulagamisrajinamanah